Kebablasan lagi…


15 November 2008 (pagi menjelang siang)

Hari ini saya bangun kesiangan, jam 06.30. Subuh saya telat lagi neh. Semalam tidur kemalaman hingga kebablasan pagi hari. Kuberlari-lari kecil ke kamar mandi, kucuci wajahku, kemudian kuambil air wudhu dan selanjutnya saya pun shalat subuh.

Setelah shalat subuh, saya nyalakan komputer, kutatap komputerku untuk beberapa saat (belum loading seh), kemudian kugerakkan mouseku mencari artikel yang enak dibaca. Biasanya kalau masih pagi-pagi begini saya baca berita, buka dan balas email, download artikel dan chating.

Akhir-akhir ini saya sering kesiangan, mungkin karena tidurku juga kemalaman, bangun-bangun dah selesai shalat subuh sehingga nggak jama'ah di Masjid. Sebenarnya prilaku ini tidak baik. Sering begadang dan telat subuh. Apalagi saya yang notabenenya belajar di lembaga pendidikan terkenal. Apa kata dunia nanti??? Dan saya juga sering ditegur oleh istriku tercinta tentang ini. Dia selalu mengingatkanku tentang pentingnya shalat tepat waktu, jama'ah di masjid, mengurangi begadang karena tidak baik untuk kesehatan, dan makan tepat waktu. Tengkyu, Honey! Miss u..

Semoga saja ini tidak menjadi karakter, karena akan berbahaya bagi kemajuan umat (ceileee… sok mantaf gitu loh). Saya yang diharapkan menjadi pelopor umat mestinya banyak belajar, membiasakan akhlak yang baik, shalat tepat waktu, zikir setiap selesai shalat dan matsurat pagi petang. Kalau masalah dalil, saya sudah hapal, tapi yang masih susah neh tathbiq (aplikasi) nya, masih sering bolong dan sering malu sama mereka yang tidak belajar agama di lembaga formal tapi ibadahnya...masyallah.

Tapi kalau mau jujur seh (lagi2 ini bukan nyari-nyari alasan loh ya..), kondisi Mesir ini kadang meninakbobokkan penghuninya. Bayangkan saja, disini lebih hidup "kehidupan malam"nya daripada kehidupan siang hari. Rata-rata aktifitas masyarakat Mesir berakhir pada pukul 00.00 dini hari, banyak juga yang sampai jam 02.00, ada yang jam 04.00 bahkan ada yang sampai pagi. Apalagi kalau musim panas, susah tidur malam. Sementara pagi hari, rata-rata akfitas terutama kantor-kantor pemerintah dimulai di atas jam 09.00 pagi. Begitu juga dengan kuliah, materi pertama dimulai pada pukul 09.00. Sehingga cenderung kehidupan pagi (apalagi setelah subuh) di Mesir sangat sepih, nyaris tidak ada orang yang berkeliaran (serem banget hehe). Jadi bisa dibayangkan bagaimana masyarakat kita di negeri ini. Secara alami dia akan terkondisikan dengan keadaan. Saya punya banyak teman yang mau konsisten tidak tidur pagi, tapi lama kelamaan akhirnya tidur pagi juga.

Makanya, sementara ini saya berusaha semaksimal mungkin untuk menghidupkan pagi dengan baca Alquran, membaca berita, dan menulis. Semoga ini bisa membantuku untuk memerangi "tidur pagi".

0 komentar: